Senin, 15 Maret 2010

Sekilas Airsoft


Airsoft merupakan sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan atau menyerupai kegiatan militer atau kepolisian dengan replika senjata, replika tersebut yaitu airsoft gun. Permainan ini berasal dari jepang dan berawal pada tahun 70 an, dimana kepemilikan senjata api sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapat karena ketatnya peraturan. Karena ketatnya peratuan, para penyuka mulai mencari alternatif yang legal untuk menyalurkan hobi mereka. Dan sekarang kegiatan airsoft ini mulai populer di Jepang, Tiong kok, Hong kong, Taiwan, Macau, Korea Selatan dan juga menyebar ke Filipina dan Indonesia.
Permainan airsoft juga sudah mulai populer di Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia(yang didatangi oleh pemain dari Belanda karena negara mereka merupakan negara yang legal untuk memainkan permainan airsoft), Denmark dan Chili dan semakin menyebar didukung dengan komunitas internet yang aktif.

Airsoft gun diciptakan untuk memenuhi hasrat pecinta senjata (positif) untuk mengalami pengalaman menembakkan senjata yang relatif aman untuk pengguna individu dan pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan/skirmish (war game) jika dalam suatu komunitas. Setiap komunitas yang baik dan bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri, namun memiliki kesamaan prinsip demi keamanan dan kelangsungan hobi ini sendiri. Hobi ini termasuk hobi unik yang berbeda dengan hobi-hobi lainnya. Karena menggunakan alat permainan dan aksesoris lainnya yang merupakan replika dari senjata sebenarnya. Tampak dan kesan yang diperlihatkan dari alat permainan ini jika tidak bijak dalam memperlakukannya akan dapat merugikan orang lain dan pelaku hobi ini sendiri. Karena itu jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak mematuhi kode etik penggunaan airsoft, mereka layak untuk tidak dianggap atau dikucilkan dari lingkup dunia hobi airsoft nasional maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar